Thursday, November 27, 2014

Solusi Spike Outline Runcing pada Text Coreldraw

Solusi Spike Outline Runcing pada Text Coreldraw

  • 10
     
  • Share
Tutorial coreldraw cara cepat solusi spike outline runcing pada text coreldraw. Pernahkan Anda mengalami saat membuat desain membutuhkan garis outline tulisan dan muncul ujung-ujung runcing yang tidak diinginkan ? Gaya rambut spike memang sedang banyak digandrungi namun ini beda hal. Walhasil desain menjadi aneh dan cukup mengnggangu pada saat dibaca. Lama sudah saya membabi buta menyalahkanfont tersebut, dibuat oleh desainer font nya kurang bagus, masih banyak bug atau dibuat asal-asalan. Sungguh, saya harus meminta maaf pada para pembuat font sejagat karena perkara yang pelik ini.
Masalah sepele ini kadang muncul diwaktu membuat desain yang rush buat ahlidesain.com , tergesa-gesa sehingga lupa melihat setting outline. Sudah bolak balik saya mengubah preferensi garis, tapi kenapa selalu saja muncul mister spike ini. Jengkel rasanya! Puncaknya, saya cari sebanyak mungkin font “rounded” untuk mengakali mister spike yang seringkali muncul pada saat membuat efek outline text dengan ukuran outline gede.
Masalah ini juga merupakan salah satu alasan saya untuk mengamini bahwa belajar itu perlu, meski sudah familiar. Selalu saja ada hikmah saat membuka lagi kitab-kitab desain yang dulu pernah dibaca dan masuk ke forum-forum desain. Masalah ada untuk diselesaikan. Semangat.
Bertahun-tahun belajar coreldraw, bikin desain dan mendapat penghasilan darinya, baru beberapa hari ini saya tersadar bahwa setting outline seringkali saya ubah untuk menyesuaikan kebutuhan. Terutama, saya sangat suka mengubah garis outline menjadi shape, butuh runcing-runcing itu juga. Nah, setting saya ubah, klak klik klak klik. Hasil outline udah runcing, save preferensi, diwaktu lain terlalu runcing ya disesuaikan lagi, berulang-ulang begitu. Ini dia yang menjadi sumber masalah ketika menulis kata-kata yang butuh outline gede menjadi runcing. Menjadi waspada ketika mengubah yang namanya “Miter Limit” pada setingan outline.
Mitter Limit adalah setting pada outline, berpengaruh pada garis objek shape maupun text. Miter Limit pada coreldraw berfungsi untuk mengatur ketajaman outline pada sudut. Solusi spike outline runcing pada text coreldraw agar aman saya ubah miter limit default menjadi 45 derajat yang ampuh menangkal spike outline pada text. Tentu, pada saat dibutuhkan, saya ubah miter limit hingga 5 derajat, terutama pada saat pengolahan objek shape.
Cara mengubah mitter limit adalah dengan memilih objek / text / shape yang ada outlinenya. Tekan F12 atau double klik pada outline pen. Ubah mitter limit dan atau corners sesuai preferensi yang diinginkan, akhiri dengan klik OK.
Semoga Bermafaat

Share This Article


1 comment:

  1. Solusi Spike Outline Runcing Pada Text Coreldraw ~ Firman'Z Blog >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Solusi Spike Outline Runcing Pada Text Coreldraw ~ Firman'Z Blog >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Solusi Spike Outline Runcing Pada Text Coreldraw ~ Firman'Z Blog >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Vl

    ReplyDelete